Bupati Bangkalan Ajak Masyarakat Lestarikan Pohon Mangrove

Bupati Bangkalan R. Abdul Latief Amin Imron ikut menanam pohon mangrove di Taman Edukasi Mangrove di Pantai Labuhan, Kecamatan Sepuluh, Bangkalan, Foto:Istimewa

Wecarejatim.com, Bangkalan – Bupati Bangkalan, Jawa Timur Abdul Latief Amin Imron meminta masyarakat ikut serta dalam menjaga dan melestarikan mangrove.

Hal itu ia ungkapan saat hadir dalam acara penanaman pohon mangrove di Taman Edukasi Mangrove di Pantai Labuhan, Kecamatan Sepuluh, Bangkalan.

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Mangrove Nasional itu dihadiri oleh Forkopimda, relawan pecinta mangrove dan lingkungan dengan menanamkan sebanyak 4 ribu pohon mangrove di area pantai setempat.

Mantan Wakil Ketua DPRD Bangkalan itu mengungkapkan, bahwa pohon mangrove banyak bermanfaat, yaitu mencegah abrasi dan penyeimbangkan ekosistem serta penahanan gelombang.

“Banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk wisata. Mangrove ini juga bisa menjaga keseimbangan alam yaitu mencegah terjadinya abrasi dan ekosistem,” kata dia, Selasa (26/7/2022).

Ia menjelaskan, bahwa saat ini Kabupaten Bangkalan sudah memiliki beberapa hutan mangrove dilestarikan untuk sektor wisata. Salah satu taman mangrove yang menjadi tujuan wisata yaitu Taman Mangrove Bancaran dan Taman Edukasi Mangrove Desa Labuhan.

“Ini juga menjadi penopang di sektor ekonomi karena ini sering menjadi tujuan wisata masyarakat lokal, jadi kita harus melestarikan pohon mangrove ini agar tetap indah dan bermanfaat,” kata dia.

Sementara itu Komandan Lanal Batoporon, Letkol Laut (P) Mahfud Effendi. M. Tr. Hanla, CHRMP menyatakan, penanaman mangrove itu dilakukan secara serentak di 77 pangkalan AL di seluruh indonesia. Harapannya kegiatan itu menjadi pendorong masyarakat untuk ikut serta melestarikan pohon mangrove.

“Kami telah menyiapkan 4 ribu pohon mangrove di lahan sekitar empat hektare. Semoga ini juga memberikan dampak terhadap geliat ekonomi masyarakat,” ungkap dia. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *