Dihari Pahlawan, KPU Bangkalan Gelar Sosialisasi kepada Pemilih Pemula

Wecarejatim.com, Bangkalan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menggelar sosialisasi dengan pemilih pemula. Acara yang digelar di Aula Kantor KPU Jalan RE Martadinata itu untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Sosialisasi yang bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan yakni 10 November itu dikemas dengan tema hari Pahlawan. Semua peserta mengenakan pakaian merah putih ditambah dengan kepala diikat dengan kain merah putih.

Komisioner KPU Bangkalan Zairil Monir mengungkapkan sosialisasi itu bekerjasama dengan berbagai pihak, organisasi hingga sekolah dan berbagai elemen masyarakat. Kali ini sosialisasi bekerja sama dengan siswa SMA dengan tema “Sosialisasi Tatap Muka Bagi Pemilih Pemula Pemilu 2024”.

“Karena hari ini bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, maka kita bikin sosialisasi ini dengan tema yang sepadan, para peserta mengenakan baju merah putih kita juga sediakan kain juga,” Kata dia, Kamis (10/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa pemilih pemula merupakan elemen penting dan akan menjadi pemimpin masa depan. Mereka yang yang terdiri dari beberapa siswa SLTA itu pertama kali terlibat secara langsung dalam pesta demokrasi. Oleh sebab itu perlu adanya pemahaman dasar tentang demokrasi.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi adik adik, karena mereka ini nanti pertama kali terlibat dalam demokrasi dimana kondisi secara psikologis mereka belum sepenuhnya stabil, maka dari itu kita berikan pemahaman kepada mereka,” jelas dia.

Ia juga menambahkan, pemilih pemula merupakan pemilih idealisi. Mereka belum memiliki beban dan tanggung jawab yang berkaitan dengan kepentingan lainnya. Oleh karena KPU perlu memberikan edukasi tentang Pemilu agar pemilih pemula itu tidak tersesat saat terlibat langsung dalam demokrasi.

“Begini ya, saya pikir sosialisasi dan pendidikan pemilih ini dikatakan berhasil bila nanti para pemilih pemula ini sadar dengan hak haknya sebagai warga negara yaitu memiliki kesadaran untuk memilih, yang dulunya tidak tahu menjadi tahu,” ungkap dia. (Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *