Fakultas kedokteran UNAIR Gelar Aksi Cegah Bunuh Diri

Wecare Jatim – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menggelaraksi penyalaan 500 lilin untuk memperingati World Suicide Prevention Day atau Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia pad 10 September 2022.

Aksi ini bertujuan untuk mengampanyekan pencegahan bunuh diri sekaligus bentuk kepedulian kepada orang yang cenderung ingin melakukan bunuh diri.

Asksi berlangsung di halaman FK Unair pada Sabtu, 13 September 2022. Aksi diikuti oleh jajaran direksi RSUD Dr Soetomo, dreksi RSJ Menur Surabaya, jajaran Dekanat FK Unair, Mahasiswa, Survivor, dan juga masyarakat umum.

Acara ini merupakan kolaborasi dengan organisasi International Association For Suicide Prevention (IASP), Departemen Psikiatri RSUD Dr Soetomo, FK Unair dan PDSKJI Surabaya.

IASP adalah para akademisi, relawan, dan korban yang akan menunjukkan aksi kepedulian terhadap orang-orang yang memiliki kecenderungan atau faktor resiko bunuh diri.

Aksi ini juga di hadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil dardak. Dalam sambutannya, ia mengatakan “saat ini stigma yang membuat para penderita tidak nyaman dan sulit menemukan pertolongan masih tinggi.”

Dengan adanya aksi ini, diharapkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental semakin meningkat. Masayarakat juga harus lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Terutama bagi mereka yang membutuhkn pertolongan.

Mendengarkan dan menolong mereka tanpa menghakimi adalah kunci awal untuk mencegah orang-orang melakukan bunuh diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *