IPW Desak Kapolri Dalami Ketua Umum PSSI Terkait Tragedi Kanjuruhan

Wecare Jatim- Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Bareskrim Polri maupun Polda Jatim mendalami peran Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule terkait Tragedi Kanjuruhan.

IPW meminta polisi tidak ragu menetapkan Iwan Bule menjadi tersangka.

Dilansir dari DetikNews.com, Kamis (27/10/2022),Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan, “Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Bareskrim Polri dan Polda Jatim untuk mendalami peran dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Iwan Bule) dan jajaran Exco PSSI dikaitkan dengan unsur pidana Pasal 359 dan 360 KUHP. Bila terdapat fakta yang cukup bukti, jangan ragu ditetapkan sebagai tersangka.”

Menurut IPW, dengan ditetapkannya Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai tersangka, patut diduga seharusnya Iwan Bule beserta jajaran PSSI lainnya juga harus dikenai pidana.

“Sehingga dengan ditetapkannya tersangka terhadap Direktur Utama PT LIB Akmad Hadian Lukita, pendalaman materiil proses pidananya diharapkan diberlakukan juga pada Ketua Umum PSSI dan jajaran Exco PSSI,” Ungkapnya dikutip dari DetikNews.com.

IPW juga sepakat dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md, yang menuntut Iwan Bule mundur dari jabatannya. Hal itu katanya merupakan sebagai tanggung jawab hukum maupun moral.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule selesai diperiksa sebagai saksi Tragedi Kanjuruhan pada Kamis (20/10). Iwan Bule diperiksa selama 5 jam di Mapolda Jatim.

Iwan Bule diperiksa sejak pukul 13.00 WIB. Dia keluar dari gedung Ditreskrimsus Polda Jatim sekitar pukul 18.00 WIB. Iwan Bule keluar didampingi juru bicara PSSI Ahmad Riyadh.

Sumber : DetikNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *