Madura  

Sidak ke Toko Modern, Dinkes Temukan Produk Yak Kantongi Ijin Industri

Wecarejatim.com, Bangkalan – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa pasar modern di daerah setempat, Selasa (26/4/2022).

Dinkes bersama Polres Bangkalan dan Satpol-PP melakukan Sidak ke beberapa pasar modern yakni Tretan Swalayan, Tom & Jery, Indah Swalayan, Hypermart.

Kepala Dinkes Kabupaten Bangkalan, Sudiyo mengatakan Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan produk yang ada di pasar itu aman dan layak dikonsumsi masyarakat. Petugas menemukan beberapa produk yang tidak memiliki ijin produksi industri.

“Di Tretan Swalayan kami menemukan produk yang kadaluarsa dalam bentuk minuman yang siap saji. Juga produk yang rusak kemasannya” ujarnya
Dia mengaku dari empat minimarket tersebut menemukan temuan-temuan yang langsung mereka amankan. Dia mengatakan Tom & Jery, Indah Swalayan dan Hypermart tidak jauh beda dengan temuan yang sebelumnya.

“Temuan yang berbeda hanya di Tretan Swalayan. Yaitu 1 produk yang dijual Namun, tidak memiliki izin dari industri rumah tangga dan kementerian” tegasnya.

Produk yang dianggap bermasalah oleh petugas langsung dibawa untuk dilakukan pemeriksaan. “Dari empat minimarket tersebut untuk dijadikan sebagai barang bukti,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada para konsumen untuk mewaspadai produk tidak layak konsumsi terutama menjelang Hari Idulfitri.

“Ingat saat ingin membeli sesuatu di manapun. Hati-hati lihat tanggal kadaluarsa nya, kalau sudah kadaluarsa jangan beli atau langsung laporkan pada kami,” tegasnya. (Fauzan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *