Skema Unair Mempertimbangkan TKA Di Seleksi Mandiri

Wecare Jatim – Aturan masuk PTN kini disesuaikan kembali dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022. Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan, kampusnya akan mepertimbangkan untuk tetap menerapkan Tes Potensi Skolastik dan semacam Tes Kompetesi Akademik atau TKA dalam seleksi Unair Mandiri.

Rektor Unair juga mengatakan, jika TKA diterapkan di seleksi mandiri Unair tahun depan, kemungkinan materi pelajaran sekolah yang diujikan akan disesuaikan dengan tiap prodi pilihan peserta seleksi.

Nasih juga menjelaskan terkain potensi skema yang akan dibuat soal tiap prodi rumpun soshum akan berbeda, tidak seperti soal pada tahun sebelumnya.

Nasih juga berpesan agarpeserta seleksi mandiri fokus dengan pelajaran yang sesuia dengan minatnya, tidak hanya mempersiapkan diri berlatih TPS yang akan diujikan SBMPTN skema baru dan seleksi mandiri.

Seperti misalnya, siswa yang berencana masuk Prodi Kedokteran perlu belajar materi di sekolah yang mendukung perkuliahan nanti.

Saat ini pihak Unair belum menentukan jenis-jenis jalur mandiri apa saja yang akan di buka tahun depan. Khusus di jalur mandiri dengan metode tes atau ujian tulis, pihaknya tetap mempertimbangkan penerapan TKA dengan modifikasi dan penyesuaian.

Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 Pasal 19 mengatur bahwa PTN wajib mencari dan menjaring 20% calon mahasiswa yang berpotensi akademik tinggi tetapi kurang mampu dan atau dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggi dari total mahasiswa baru yang diterima dan tersebar di semua prodi.

Rektor Unair menambahkan bahwa peserta kurang mampu dan asal daerah 3T juga bisa mendaftar melalui jalur mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *