News  

Sosok Emil Dongkrak Elektabilitas Demokrat di Jatim

Wecarejatim.com, Surabaya – Elektabilitas Partai Demokrat di Jawa Timur naik drastis sejak Juli hingga September 2022.

Berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) elektabilitas partai berlogo bintang merci mencapai 9,7 persen. Angka itu menempatkan posisi Partai Demokrat di Jawa Timur di urutan kelima di Jatim, setelah Golkar, Gerindra, PDIP dan PKB.

“Sosok Emil Dardak mampu mendongkrak elektabilitas Partai Demokrat,” terang Direktur ARCI Baihaqi Sirait.

Emil merupakan representasi figur yang cocok di kalangan anak muda dan kaum milenial. Adapun survei ARCI pada 5-12 September 2022 ini dilakukan di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8%.

Emil Dardak Modal Besar Demokrat

Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Moch. Mubarok Muharam, menyebut, Partai Demokrat Jatim berpeluang mendongkrak elektabilitasnya jelang Pemilu 2024. Sebagai Wakil Gubernur Jatim, Emil bisa memperluas jaringan hingga ke beberapa daerah.

“Semuanya tergantung Emil sendiri memanfaatkan posisinya menghadapi momen politik di 2024,” ungkap Ketua Lembaga Transformasi (Letram) ini.

Untuk Partai Demokrat sendiri, Muharam melihat tugas berat yang diemban oleh Emil Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Dengan sisa waktu 1 tahun 6 bulan menjelang Pileg 2024, Emil harus bisa dongkrak suara Demokrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *