Sumur Resapan Anies Baswedan Cocok Untuk Ternak Lele

Sumur resapan Anies Baswedan

Wecare Jatim- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendukung program sumur resapan di ibu kota setelah sebelumnya sempat menilai itu cocok sebagai tempat ternak lele.

Pada Januari 2022, saat Anies Baswedan masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Prasetio menyindir sumur resapan atau drainase vertikal lebih baik digunakan untuk beternak ikan lele lantaran tak efektif untuk mengatasi banjir.

Dikutip dari CnnIndonesia.com,Rabu (19/10/2022), Prasetio mengatakan, “Kenapa gue coret anggaran vertikal drainase? Buat apa sekarang? Contoh Jalan Sriwijaya, Jalan Menteng, itu kan kawasan elite. Enggak pernah dari zaman gue kecil tahun [19]63 di Jakarta itu namanya banjir di sana, itu enggak ada. Aman benar.”

“Tapi sekarang dibolongin sama dia (Anies Baswedan) banyak benar. Terus abis dibolongin ditinggal gitu aja. Kalau gue cocoknya bakal kerja sama dengan Dinas KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian), terus taruh lele di dalam situ, masyarakat yang jagain, kasih makan, itu kan jadi pendapatan juga,” Cerusnya dikantornya.

Setelah Anies Baswedan turun dan Gubernur DKI dijabat Heru Budi Hartono, Pras mendukung program sumur resapan itu.

Pakar Hidrologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Pramono Hadi sempat menilai program sumur resapan tak tepat untuk Jakarta.

Menurutnya, daratan Jakarta secara umum merupakan kombinasi antara endapan laut dan muara sungai. Sehingga, lapisan tanahnya cenderung bersifat liat yang menyulitkan penyerapan air.

Dikutip dari CnnIndonesia.com, Pramono mengatakan, “Tanah liat itu akan susah untuk meresapkan air, poinnya di situ. Sehingga kalau di sana dibuat resapan mungkin tidak terjadi resapan.”

Jika sudah terlalu penuh, ia menyebut air tidak bisa meresap dan pada akhirnya akan meluap.

Sumber : CnnIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *