News  

Waspadai Penyakit Lestospirosis Di Musim Hujan

Wecare Jatim – Memasuki Musim Hujan, Intensitas hujan yang tinggi cenderung ekstrim. Dinas Kesehatan Jawa Timur menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan kondisi intensitas hujan yang tinggi hingga banjir, penyakit seperti Leptospirosis, Gatal-gatal, Diare hingga Infeksi saluran pernafasan rawan menyerang.

Penyakit yang paling di khawatirkan oleh Dinas Kesehatan Jawa Timur ialah Leptospirosi. Penyakit ini merupakan sebuah kuman yang ditularkan oleh tikus. Sedangkan jika banjir, tempat yang ditempati tikus akan terkena aliran air.

Oleh karenanya, Himbauan untuk masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan. Terutama warga yang terdampak banjir. Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin juga menghimbau msyarakat yang terdampak banjir untuk selalu menggunakan sepatu boot.

Kebiasaan menggunakan sepatu boot dan mencuci tangan ini bisa mencegah masuknya kuman melalui celah tubuh. Selain itu, pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan olahraga juga harus diperhatikan.

Asupan gizi yang tepat akan menjaga tubuh lebih kuat dari serangan virus dan kuman. Saat ini, Dinkes Jawa Timur telah mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Baik dari Kader Kesehatan maupun Puskesmas untuk tanggap bencana dari sisi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *