TNBTS Beberkan Penyebab Kebakaran Savana Bromo

Wecarejatim.com, Malang – Kebakaran melahap kawasan Bromo, tepatnya di savana Puncak Lamen, yang masuk Resort PTN wilayah Gunung Penanjakan, Kabupaten Pasuruan.

Saat ini, api yang melalap kawasan tersebut telah padam.

Kepala Bagian Tata Usaha Taman Nasional Bromo Tengger Semeru(TNBTS) Septi Eka Wardhani mengatakan, kepulan asap awalnya diketahui kemarin (19/6/2024) sore.

“Untuk kronologis, awal kepulan asap terlihat pada hari Kamis tanggal 19 Juni 2024 sekitar pukul 17.30 WIB,” ujar Septi kepada wartawan, Kamis (20/6/2024).

Upaya pemadaman titik telah dilakukan oleh puluhan orang, yang terdiri dari petugas dan MPA Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan, Resort Coban Trisula, Resort Jabung dan Masyarakat Peduli Api Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Balai Besar TNBTS sendiri tengah mengidentifikasi luasan area yang terbakar sejak kemarin sore tersebut.

“Untuk luas kebakaran, saat ini petugas sedang menganalisa dan mengidentifikasi luas area terbakar,” tegas Septi.

Septi mengungkapkan untuk titik kebakaran berada di sekitar Puncak Lempitan, posisi di sebelah timur selatan Puncak Lamen, Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan. Sebelumnya, kebakaran sempat disebut berada di wilayah savana Bukit Widodaren.

“Untuk jenis tumbuhan yang terdampak adalah rumput, akasia, cemara gunung, dan alang,” ungkapnya.

“Api berhasil dipadamkan pada tanggal 20 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 WIB, saat ini petugas melakukan proses Mop up/pendinginan di lokasi area terbakar dengan air dari jet shooter,” pungkas Septi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *