Hadiri Sidang Paripurna DPRD Bangkalan, Pj Bupati Sampaikan RPJPD 2025-2045

Wecarejatim.com, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mulai bergerak untuk mendukung Indonesia emas. Dukungan itu tersusun dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Bangkalan tahun 2025-2045.

Pj Bupati Bangkalan, Arief M Edie menyampaikan, bahwa RPJPD Bangkalan mengacu pada rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang telah menetapkan visi dan misi untuk 20 tahun mendatang, yaitu Indonesia Emas 2045.

“Dalam Raperda Bangkalan Tahun 2025-2045, mengusung visi Kabupaten Bangkalan berdaya saing, sejahtera, mandiri dan berkelanjutan,” ujar Arief saat sidang paripurna bersama DPRD setempat

Menurutnya, visi itu memiliki 5 sasaran pokok, yakni peningkatan pendapatan per kapita, mengurangi angka kemiskinan hingga 0 persen, kepemimpinan dan pengaruh Kabupaten Bangkalan di Regional Jawa Timur, produktivitas & daya saing SDM meningkat dan penurunan emisi GRK menuju net zero emission.

Arief juga telah membangun misi yang mendukung visi pembangunan nasional indonesia emas diantaranya mewujudkan transformasi dan ketahanan sosial budaya, mewujudkan transformasi ekonomi berkelanjutan yang bertumpu pada potensi daerah, mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan yang baik dan mewujudkan infrastruktur dasar dan pengembangan wilayah yang berkualitas, merata dan berkelanjutan.

“Saya juga berharap penyampaian RPJPD pada hari ini akan memberikan gambaran awal sebagai bahan penyamaan pandangan atas Raperda,” ujar Arief.

Arief berharap, pembahasan Raperda dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, dengan semangat kebersamaan, kolaborasi dan kontribusi yang baik.

“Diharapkan nantinya dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik pula untuk Kabupaten Bangkalan 20 tahun mendatang,” pungkasnya. (RM/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *