Instruksi Jokowi Pakai Kendaraan Listrik ; Pemkot Surabaya Siapkan Infrastruktur

Wecare Jatim – Pemkot Surabaya menyiapkan sejumlah infrastruktur untuk mendukung pengoperasian mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Terutama, terkait dengan tempat pengisian daya atau stasiun pengisian kendaraan Listrik Umum hingga layanan Home Charging.

Menurut Wali Kota Surabaya, penyiapan fasilitas tersebut juga penting diutamakan lebih dulu sebelum unit kendaraan listrik datang.

Eri Cahyadi mengatakan bahwa, bukan kali pertama Pemkot Surabaya menggunakan bahan bakar alternatif pada kendaraan dinas. Pada 2015 lalu misalnya, Pemkot Surabaya menggunakan bahan bakar Gas pada kendaraan dinas.

Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapekko) Surabaya mengungkapkan, salah stu kendala pengoperasian kendaraan BBG saat itu. Dianaranya keterbatasan tempat pengisian bahan bakar.

Tidak hanya di Surabaya, hal ini seharusnya juga dilakukan masing-masing daerah. Apabila tidak, maka penggunaan kendaraan dinas kepala daerah hanya bisa digunakan di dalam kota.

Selain program mobil dinas dari Pemerintah pusat, pihaknya juga tengah menyiapkan motor listrik untuk kendaraan dinas. Pihaknya menggandeng ITS Surabaya dalam penyiapan motor.

Aturan ini sejalan dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau yang memiliki slogan KBLBB untuk mencapai Zero Net Emission di Indonesia pada 2060 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *